Kamis, 19 Mei 2016

Inilah Tata Cara Ruku dalam Shalat yang Dicontohkan Nabi


Catatan HipweeTata Cara Ruku dalam Shalat yang Dicontohkan Nabi. Rasulullah SAW meletakkan kedua telapak tangannya pada kedua lututnya. Beliau SAW memerintahkan sahabatnya melakukan yang demikian. Juga memerintahkan orang yang tidak benar sholatnya.
Kedua telapak tangan Beliau SAW tampak menekan kedua lututnya (seakan-akan mencengkram keduanya). Beliau SAW merenggangkan jari-jarinya. Lalu memerintahkannya kepada orang yang tidak benar sholatnya dalam sabdanya, ”Jika engkau ruku letakkanlah kedua tanganmu di atas lututmu. Kemudian renggangkanlah jari-jarimu sampai tulang belakangmu menjadi mapan di tempatnya,” (HR Ibnu Khuzaimah & Ibnu Hibban).
Beliau SAW merenggangkan kedua sikunya dari lambungnya. Ketika ruku Beliau SAW membentangkan dan meluruskan punggungnya sampai-sampai jika dituangkan air dari di atasnya tidak akan tumpah. Lalu, Beliau SAW bersabda kepada orang yang tidak benar sholatnya, ”Jika engkau ruku, letakkanlah tangamu pada kedua lututmu. Lalu, bentanglah punggungmu dan tekanlah tanganmu dalam rukumu,” (HR Ahmad & Abu Daud).
Rasulullah SAW tidak membungkuk terlalu kebawah dan tidak pula mendongakkan terlalu ke atas. Akan tetapi tengah-tengah di antara keduanya. []



Sumber: Sifat Shalat Nabi karya Nashiruddin al-Albani | islampos.com