Selasa, 17 Mei 2016

Masya-Allah Sholat Subuh di Turki Penuh Jamaah Layaknya Sedang Jumatan

Gambar dibawah mungkin terlihat seperti sedang sholat Jum’at jika di Indonesia, namun nyatanya itu adalah sholat subuh di negara Turki dimana setiap sholat subuh, masjid selalu dipenuhi oleh para jamaah layaknya sholat jum’at di Indonesia.

Berikut ini adalah catatan perjalanan Ketua Umum BAZNAS Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc saat mengunjungi Turki. Cerita yang mengagumkan bukan tentang gemerlap kota Istanbulyang mencolok terlihat dari pesawat apabila melintasi Eropa, atau para wanitanya yang berwajah elok, tapi tentang kehidupan relijius yang semakin pesat luar biasa. Turki benar-benar berubah 180 derajat sejak dipimpin Erdogan dengan AKP-nya.

Hal yang sangat menakjubkan adalah suasana keagamaan rakyat Turki yang begitu antusias. Sekarang masjid-masjid sangat ramai dengan pemuda yang beribadah dan juga kegiatan keislaman. Terutama yang paling mengagumkan adalah ketika waktu shalat subuh datang, masjid di Turki sangat penuh sesak dengan jamaah yang didominasi kaum muda, suasana yang mirip dengan di Indonesia, pada shalat Jum’at.


Dr Didin mengingat kembali ketika dirinya berkunjung ke Turki sekitar tahun 1990-an, saat itu Turki masih sangat sekuler. Jangankan waktu shalat subuh, dikala adzan maghrib pun tidak ada yang pergi shalat berjamaah. “Saat itu saya shalat hanya dengan istri dan anak, sebab tiada jamaah tempatan yang datang.” jelas Dr Didin.

“Luar biasa dan yang lebih mencengangkan para remaja Turki ke masjid dengan mobil-mobil mewah di parkir di halaman masjid” ungkapnya.

Selain tingkat religiusitas masyarakat Turki yang menjadi lebih baik, kondisi ekonomi Turki saat ini juga sangat berkembang pesat. Tanpa bantuan pinjaman luar negeri pemerintah Turki sanggup membangun, membuat perubahan signifikan dan mampu bersaing dengan negara maju dunia.

suratkabar.co